Persepsi Peserta Didik tentang Layanan Pengusaan Konten di Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang
Main Author: | Arni Rama, Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2996/4/12060090%20ARNI%20RAMA%20YANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2996/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2996/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2996/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2996/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum memahami tujuan layanan pengusaan konten serta adanya peserta didik yang beranggapan bahwa layanan pengusaan konten tidak penting. Layanan pengusaan konten merupakan layanan bantuan yang diberikan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar, seperti; cara meringkas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Persepsi peserta didik tentang layanan pengusaan konten dilihat dari tujuan, 2) Persepsi peserta didik tentang layanan pengusaan konten dilihat dari tema, 3) Persepsi peserta didik tentang layanan pengusaan konten dilihat dari metode, 4) Persepsi peserta didik tentang layanan pengusaan konten dilihat dari media. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 berjumlah 253 peserta didik. Untuk penarikan sampel digunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 92 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan untuk analisa data digunakan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Persepsi peserta didik tentang layanan pengusaan konten dilihat dari tujuan berada pada kategori baik, 2) Persepsi peserta didik tentang layanan pengusaan konten dilihat dari tema berada pada kategori baik, 3) Persepsi peserta didik tentang layanan pengusaan konten dilihat dari metode berada pada kategori cukup baik, 4) Persepsi peserta didik tentang layanan pengusaan konten dilihat dari media berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK hendaknya dapat melaksanakan layanan pengusaan konten dengan optimal, dengan cara menerapkan metode dan media yang baik dalam layanan pengusaan konten agar peserta didik dapat memiliki persepsi yang positif terhadap layanan pengusaan konten yang diberikan oleh guru BK.