Persepsi Peserta Didik tentang Pelaksanaan Layanan Informasi Mengenai Pemahaman Gaya Belajar di Kelas X SMA Negeri 15 Padang
Main Author: | Fitri, Afriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2981/4/12060073%20FITRI%20AFRIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2981/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2981/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2981/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2981/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki motivasi rendah dalam memperoleh informasi yang diberikan guru BK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik tentang pelaksanaan layanan informasi mengenai pemahaman gaya belajar kelas X yang dilihat dari (1) Perencanan layanan informasi mengenai pemahaman gaya belajar (2) Pelaksanaan layanan informasi mengenai pemahaman gaya belajar (3) Evaluasi layanan informasi Mengenai pemahaman gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik di kelas X dengan jumlah 311 orang peserta didik dan sampel 76 orang peserta didik SMA Negeri 15 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket, dan diolah dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan analisis data tentang persepsi peserta didik tentang pelaksanaan layanan informasi mengenai pemahaman gaya belajar kelas X di SMA Negeri 15 Padang dilihat dari: 1) Persepsi peserta didik tentang pelaksanaan layanan informasi mengenai pemahaman gaya belajar kelas X di SMA Negeri 15 Padang di lihat dari perencanaan berada pada kriteria baik. 2) Persepsi peserta didik tentang pelaksanaan layanan informasi mengenai pemahaman gaya belajar kelas X di SMA Negeri 15 Padang di lihat dari pelaksanaan berada pada kriteria cukup baik. 3) Persepsi peserta didik tentang pelaksanaan layanan informasi mengenai pemahaman gaya belajar kelas X di SMA Negeri 15 Padang di lihat dari evaluasi berada pada kriteria baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar lebih memperhatikan kebutuhan peserta didik akan informasi gaya belajar dan lebih memahami peserta didik secara menyeluruh dan berusaha menciptakan situasi yang menimbulkan rasa betah dan nyaman bagi peserta didik pada saat melakukan kegiatan layanan di kelas. Peserta didik, agar lebih memperhatikan lagi kegiatan layanan informasi pemahaman gaya belajar dan meningkatkan kegiatan belajar dan prestasi belajar yang lebih baik.