Penyesuaian Diri Peserta Didik Berasal Dari Keluarga Bercerai Di Kelas VIII MTsN Langsat Kadap Kabupaten Pasaman Timur
Main Author: | Helmiza, Fitra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2976/4/12060054%20HELMIZA%20FITRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2976/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2976/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2976/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2976/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan dilapangan dimana adanya peserta didik yang berasal dari keluarga bercerai memiliki emosi yang tidak terkendalikan, suka menyendiri, kurang terbuka terhadap orang lain, serta cemas tidak bisa melanjutkan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyesuaian diri peserta didik berasal dari keluarga bercerai di kelas VIII MTsN Langsat Kadap Kabupaten Pasaman Timur, dengan penelitian yaitu penyesuaian diri peserta didik berasal dari keluarga bercerai dilihat dari penyesuaian pribadi dan sosial. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun yang menjadi informan penelitian adalah 3 orang informan kunci yaitu peserta didik yang berasal dari keluarga bercerai dan 4 orang informan tambahan diantaranya 3 orang peserta didik dan guru BK kelas VIII. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, ditemukannya peserta didik berasal dari keluarga bercerai kurang mampu menyesuaikan diri dengan teman-teman dan lingkungan sekitar sekolah dilihat dari (1) penyesuaian pribadi yaitu ditemukannya peserta didik yang kurang mampu menyesuaikan diri dengan teman-teman dilingkungan sekitar sekolah, (2) penyesuaian sosial yaitu ditemukannya peserta didik kurang mampu dalam bersikap baik serta berinteraksi dengan teman serta gurunya disekolah. Hasil penelitian ini direkomendasikan pada peserta didik, guru BK, wali kelas dan guru mata pelajaran, orangtua, pengelola program studi BK dan peneliti selanjutnya supaya lebih memperhatikan peserta didik yang berasal dari keluarga bercerai.