Profil Tingkat Stres Peserta Didik di Kelas XI. IPA SMA Negeri 2 Mukomuko Provinsi Bengkulu
Main Author: | Yenti, Oktavia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2973/4/12060048%20YENTI%20OKTAVIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2973/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2973/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2973/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2973/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan di lapangan adanya beberapa peserta didik yang mengalami stres. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) Profil tingkat stres peserta didik dilihat dari tingkat stres ringan. 2) Profil tingkat stres peserta didik dilihat dari tingkat stres sedang. 3) Profil tingkat stres peserta didik dilihat dari tingkat stres Berat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mukomuko Provinsi Bengkulu yang berjumlah 65 orang, untuk pengambilan sampelnya digunakan teknik total sampling. Sumber data penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari peserta didik dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari guru BK. Instrumen penelitian ini adalah angket dan data diolah dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan secara umum profil tingkat stres peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mukomuko Provinsi Bengkulu, berada pada kriteria banyak. Dilihat dari masing-masing sub variabel: 1) Profil tingkat stres peserta didik dilihat dari tingkat stres ringan yaitu tingkat pertama berada pada kriteria banyak dan tingkat kedua berada pada kriteria cukup banyak, 2) Profil tingkat stres peserta didik dilihat dari tingkat stres sedang yaitu tingkat ketiga berada pada kriteria banyak dan tingkat keempat berada pada kriteria banyak. 3) Profil tingkat stres peserta didik dilihat dari tingkat stres berat yaitu tingkat kelima berada pada kriteria banyak dan tingkat keenam berada pada kriteria banyak. Berdasarkan temuan penelitian ini penulis menyarankan kepada peserta didik yang mengalami stres agar dapat menurunkan tingkat stres tersebut untuk kelancaran proses belajar mengajar yang berlangsung dan kehidupan efektif sehari-hari.