Menanamkan Bentuk Spiritual Core Values (Nilai Dasar ESQ) Peserta Didik Melalui Layanan Informasi di Kelas VII SMP Negeri 38 Sijunjung
Main Author: | Mira Novita, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2970/4/12060035%20MIRA%20NOVITA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2970/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2970/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2970/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2970/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang tidak mendengarkan teman yang sedang berceramah saat kultum, pada saat proses belajar mengajar peserta didik lari dari tanggung jawab atas apa yang dikerjakannya dan bertindak curang, ada peserta didik yang memilih-milih teman dalam belajar sehingga tidak terjalin kerjasama antara satu sama lain, dan tidak memiliki visi tentang masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keberhasilan layanan informasi dalam menanamkan bentuk spiritual core values (nilai dasar ESQ) pada peserta didik di kelas VII SMP Negeri 38 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi. Pendekatan penelitian adalah pra eksperimen dengan rancangan one group pretest and posttest design digunakan untuk melihat apakah ada peningkatan bentuk spiritual peserta didik setelah diberikan layanan informasi dengan yang sebelum diberikan layanan informasi. Teknik penarikan sampel adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Populasi seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 80 orang. Jumlah sampel sebanyak 26 orang peserta didik khususnya kelas VII.1. Instrumen yang digunakan adalah angket. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan angket pada pretest kemudian diberikan treatmen sebanyak 3 kali lalu dilakukan postest untuk melihat tingkat spiritual peserta didik. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran bentuk spiritual peserta didik sebelum diberikan layanan informasi berada pada kategori kurang baik. Kemudian gambaran bentuk spiritual peserta didik setelah diberikan layanan informasi berada pada kategori sangat baik. Adanya peningkatan bentuk spiritual peserta didik setelah diberikan layanan informasi. Dengan demikian layanan informasi dalam menanamkan bentuk spiritual peserta didik dapat terlihat dengan adanya peningkatan bentuk spiritual dari masing-masing peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan direkomendasikan kepada guru BK untuk dapat memaksimalkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling sehingga dapat membantu peserta didik dalam menanamkan bentuk spiritualnya. Sehingga tidak ada lagi peserta didik yang memiliki bentuk spiritual yang tidak baik.