Pengaruh Penggunaan Model Examples non Examples terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Rianto, Rianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/297/1/13080001%20RIANTO%20ok%20Flipping.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/297/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/297/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/297/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/297/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertama, siswa kesulitan dalam menulis teks berita. kedua, siswa kesulitan dalam menggunakan unsur 5W+1H ke dalam berita. ketiga, siswa belum terampil menulis berita menggunakan EBI yang benar. keempat, siswa sulit memahami materi yang diajarkan oleh guru. kelima, strategi atau model yang diajarkan oleh guru kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model examples non examples terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya berjumlah 144 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII C. Variabel penelitian ini adalah model examples non examples sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks berita sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan menulis teks berita sebelum dan sesudah menggunakan model examples non examples. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, nilai rata-rata keterampilan menulis teks berita sebelum menggunakan model examples non examples adalah 57,99 berada pada rentangan 55-65% dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks berita sesudah menggunakan model examples non examples adalah 80,90 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model examples non examples terhadap keterampilan menulis teks berita dengan thitung > ttabel (7,49>1,71).