Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan layanan konsultasi tidak berjalan dengan yang semestinya oleh sebab itu penelitian ini ditujukan untuk melihat pelaksanaan layanan konsultasi oleh guru BK di SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman dengan fokus penelitian yaitu: 1) Perencanaan layanan konsultasi oleh guru BK di SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, 2) Pelaksanaan layanan konsultasi oleh guru BK di SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, 3) Evaluasi layanan konsultasi oleh guru BK di SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman dan 4) Tindak lanjut layanan konsultasi oleh guru BK di SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan penelitian adalah: tiga guru Bimbingan dan Konseling dan tiga wali kelas. Instrumen yang digunakan wawancara dan studi dokumentasi, teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan layanan konsultasi oleh guru BK di SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yaitu: 1) Perencanaan layanan konsultasi oleh guru BK di SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang dilakukan guru BK sudah terlaksana, 2) Pelaksanaan layanan konsultasi oleh guru BK di SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang dilakukan guru BK sudah terlaksana, 3) Evaluasi layanan konsultasi oleh guru BK di SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman belum dilaksanankan, 4) Tindak lanjut layanan konsultasi oleh guru BK di SMPN 4 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman belum terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan layanan konsultasi sesuai dengan tahap layanan konsultasi, agar layanan yang diberikan dirasakan manfaatnya.