Pengembangan Powerpoint Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Kelas X SMA
Main Authors: | Siska, Maiyuni, Renny, Risdawati, Ade, Dewi Maharani |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prosiding Seminar Nasional Biologi Edukasi
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2962/1/prosiding%20semnas%20bioedu%201-finale.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2962/ |
Daftar Isi:
- Hasil analisa peneliti terhadap powerpoint yang sudah ada, bahwa powerpoint yang digunakan guru (1)belum mengurangi keterbatasan ruang,(2)belum sesuai dengan KI dan KD yang dituntut silabus, (3)belum menggunakan powerpoint berbasis problem based learning. Untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran maka dikembangkan powerpoint berbasis problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas powerpoint berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati untuk kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and The develop-ment) yang terdiri dari 4 tahap yaitu; Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop yaitu sampai pada tahap validitas. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil uji validitas powerpoint oleh Dosen dan Guru. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil validitas dari dosen dan guru powerpoint ini nilai rata-rata 86,70 % dengan kriteria sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa powerpoint berbasis problem based learning pada materi keanekaragaman hayati untuk kelas X SMA mencapai nilai rata-rata 86,70 % dengan kriteria sangat valid.