Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kelas Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sistem Ekskresi Kelas XI IPA SMA
Main Author: | Ade, Dewi Maharani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2955/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2955/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2955/3/DAFTAR%20RUJUKAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2955/4/Tesis%20Gabungan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2955/ |
Daftar Isi:
- Penilaian berbasis kelas merupakan proses pengumpulan dan penggunaan informasi hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh guru untuk menetapkan tingkat pencapaian dan penguasaan peserta didik terhadap standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam kurikulum. Penilaian ini mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Kenyataan yang terjadi di sekolah, guru-guru kurang memahami bagaimana cara menilai ranah afektif dan ranah psikomotor yang dituntut dalam kurikulum 2006 serta bingung bagaimana memberikan skor pada setiap indikator penilaian yang diminta sehingga diperlukan pengembangan instrumen penilaian berbasis kelas yang valid, reliabel dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis kelas dan menentukan validitas, reliabilitas dan praktikalitas instrumen penilaian berbasis kelas dengan materi pokok sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (developmental research) yang menggunakan model Fenrich, yaitu analysis (analisis), planning (perencanaan), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evalution(evaluasi) dan revision (revisi). Subjek untuk uji coba adalah siswa SMA Negeri 10 kelas XI IPA. Data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari hasil validasi instrumen, reliabilitas instrumen, dan praktikalitas instrumen. Data dianalisis dengan analisis deskriptif berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian berbasis kelas sangat valid dan praktis. Instrumen penilaian berupa tes tertulis, kinerja, produk, proyek, dan penilaian diri. Rerata validitas instrumen yang dihasilkan adalah tes tertulis 90,9%, kinerja 90,6%, produk 91%, proyek 95,5%, dan penilaian diri 92,6%. Secara kuantitatif tes tertulis dibedakan mejadi tiga kriteria yaitu dipakai tanpa perbaikan 44%, dipakai dengan perbaikan 28%, dan tidak dipakai 28%. Tes tertulis berbentuk objektif dengan kriteria sangat reliabel dengan koefisien reliabel 0,81 dan tes tertulis bentuk essay dengan kriteria kurang reliabel dengan koefisien reliabel 0,40. Hasil angket guru dan siswa pada saat uji coba menunjukkan instrumen penilaian berbasis kelas yang dikembangkan praktis.