Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan yaitu adanya peserta didik yang kurang percaya diri dengan kemampuan diri sendiri terutama terhadap karir yang akan dipilih oleh peserta didik untuk masa depan yang lebih baik, sehingga hal itu membuat peneliti ingin mengungkap hubungan kedua variabel tersebut. Tujuan dari penelitian adalah (1) mendeskripsikan efikasi diri peserta didik kelas X di SMK N 9 Padang, (2) mendeskripsikan kematangan karir peserta didik kelas X di SMK N 9 Padang, (3) menguji apakah terdapat hubungan antara efikasi diri dengan kematangan karir peserta didik kelas X SMK N 9 Padang. Jenis penelitian ini deskriptif korelasional yang populasinya peserta didik kelas X di SMK Negeri 9 Padang yang berjumlah 353 orang. Sampel dalam penelitian berjumlah 120 orang peserta didik dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Untuk menganalisis data deskriptif digunakan rumus untuk mencari interval skor dan persentase sedangkan untuk uji korelasi menggunakan teknik korelasi pearson product momen. Hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) efikasi diri peserta didik kelas X di SMK N 9 Padang yang kuat, (2) kematangan karir peserta didik matang, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan kematangan karir peserta didik kelas X yaitu dengan indeks korelasi sebesar 0,517 dan tingkat hubungan memiliki keeratan yang kuat. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru BK memberikan layanan informasi mengenai keyakinan diri serta informasi tentang karir yang dibutuhkan peserta didik agar kedepannya peserta didik menjadi kuat dan memiliki kematangan dalam memilih karir di masa depan.