Profil Kebiasaan Belajar Peserta Didik dan Rancangan Pelayanan BK melalui Layanan Informasi di SMA Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman (studi pada kelas XI IIS2)

Main Author: Nurma, Yulina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2934/4/11060134%20NURMA%20YULINA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2934/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2934/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2934/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2934/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, yaitu adanya peserta didik yang belum memiliki jadwal belajar sehingga belajar belum bisa teratur, mengulang pelajaran hanya ketika mau ujian saja, mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) di sekolah, suka mengganggu teman dalam belajar, keluar masuk saat proses belajar mengajar (PBM). Tujuan penelitian mendeskripsikan kebiasaan belajar peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik total sampling sebanyak 32 peserta didik dari populasi seluruh peserta didik kelas XI IIS 2 di SMA Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis Statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data, terungkap bahwa rata-rata profil kebiasaan belajar peserta didik berada pada kategori baik dari 32 responden. Dimana profil kebiasaan belajar peserta didik dan rancangan pelayanan BK melalui layanan informasi ditinjau dari: 1) membuat jadwal berada pada kategori cukup baik, 2) membaca buku berada pada kategori baik, 3) membuat catatan pelajaran berada pada kategori baik, 4) mengulangi materi pelajaran barada pada kategori sangat baik, dan 5) menyelesaikan tugas berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian direkomendasikan kepada guru agar memelihara dan menjaga kebiasaan belajar peserta didik dalam belajar.