Perbedaan Motivasi Belajar Peserta Didik Jurusan IPA dengan Jurusan IPS di SMA Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Silvia, Darma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2909/4/06060025%20SILVIA%20DARMA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2909/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2909/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2909/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2909/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan terlihat bahwa motivasi belajar peserta didik jurusan IPA lebih rajin dan aktif dalam belajar, sedangkan peserta didik jurusan IPS cepat bosan dan terlihat santai dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengerahui: 1) Perbedaan ketekunan dalam belajar peserta didik jurusan IPA dengan jurusan IPS, 2) Perbedaan perhatian dalam belajar peserta didik jurusan IPA dengan jurusan IPS dan 3) Kemandirian dalam belajar peserta didik jurusan IPA dengan jurusan IPS SMA Negeri 1 Pulau Punjung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan kelas XII, berjumlah 420 orang. Sampel penelitian dipilih berdasarkan teknik sampel-berjenjang (Stratified Random Sampling) berjumlah 120 orang, pengumpulan data menggunakan angket, analisa yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan memakai formula persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan ketekunan dalam belajar peserta didik kelas XI jurusan IPA dengan jurusan IPS, dimana nilai t diperoleh 4,702 (> t tabel 1,670), 2) Terdapat perbedaan perhatian dalam belajar peserta didik kelas XI jurusan IPA dengan jurusan IPS, dimana nilai t diperoleh 5,919 (> t tabel 1,670), 3) Terdapat perbedaan kemandirian dalam belajar peserta didik kelas XI jurusan IPA dengan jurusan IPS, dimana nilai t diperoleh 3,331 (> t tabel 1,670), 4) Tidak terdapat perbedaan ketekunan dalam belajar peserta didik kelas XII jurusan IPA dengan jurusan IPS, dimana nilai t diperoleh 0,204 (< t tabel 1,673), 5) Terdapat perbedaan perhatian dalam belajar peserta didik kelas XII jurusan IPA dengan jurusan IPS, dimana nilai t diperoleh 2,620 (> t tabel 1,673) dan 6) Tidak terdapat perbedaan kemandirian dalam belajar peserta didik kelas XII jurusan IPA dengan jurusan IPS, dimana nilai t diperoleh 1,101 (< t tabel 1,673). Berdasarkan hasil penelitian di atas diharapkan kepada pihak sekolah untuk bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik jurusan IPS dalam hal ketekunan, perhatian dan kemandirian dalam belajar.