Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP N 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok

Main Author: Silfina, Silfina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2884/4/12030157%20SILFINA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2884/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2884/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2884/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2884/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS terpadu siswa, nilai rata-rata hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII masil banyak dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPS terpadu kelas VIII di SMPN 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan penelitian randomized control-group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, sehingga terpilih kelas VIII1 (kelas eksperimen) dan kelas VIII3 (kelas kontrol). Instrument yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah tes objektif dan analisis data dilakukan dengan uji mann whitney (U) . Berdasarkan hasil tes akhir didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 80.6, kelas kontrol 72.19. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan mann whitney (U), diketahui nilai mann whitney 128.00 dengan Asymp, sig 0.030<α0.050, maka ditolak diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VIII di SMP N 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok.