Pengaruh Penerapan Teknik Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Lembang Jaya
Main Author: | Tafni, Maisari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/285/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/285/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/285/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/285/4/12050224%20TAFNI%20MAISARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/285/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran masih kurang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh teknik Quick On The Draw terhadap hasil belajar siswa dan bagaimana aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembang Jaya. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan rancangan penelitian Time Series Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembang Jaya dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembang Jaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas, pretest dan posttest diawal dan diakhir pembelajaran setiap pertemuan dengan bentuk soal essay. Teknik analisis pretest- posttest menggunakan perhitungan N-Gain. Berdasarkan analisis aktivitas diketahui pada pertemuan pertama sebanyak 91,14% siswa sudah melakukan aktivitas, pada pertemuan kedua sebanyak 88,33% dan pada pertemuan ketiga sebanyak 88%. Secara keseluruhan siswa sudah banyak yang melakukan aktivitas selama penerapan teknik Quick On The Draw pada saat proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan desain time series dapat disimpulkan bahwa kondisi siswa tidak menentu dan tidak konsisten. Namun berdasarkan perhitungan N-Gain pada pertemuan pertama sebesar 0,78, pada pertemuan kedua sebesar 0,83 dengan interpretasi tinggi. Sedangkan pada pertemuan ketiga perolehan perhitungan N-Gain sebesar 0,59 dengan interpretasi sedang. Secara keselurahan teknik Quick On The Draw sangat berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembang Jaya.