Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis paragraf narasi sugestif siswa kelas X SMAN 15 Padang. Masalah yang ditemukan dalam penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, siswa mengalami kesulitan dalam menulis paragraf narasi karena siswa tidak memahami tentang paragraf narasi dan struktur paragraf narasi. Kedua, siswa kurang mampu mengembangkan idenya dalam menulis paragraf narasi. Ketiga, saat menulis paragraf narasi siswa kurang menguasai kosakata ejaan bahasa Indonesia. Keempat, dalam menulis paragraf narasi khususnya narasi sugestif siswa tidakmampu menuliskan berdasarkan daya khayal/imajinasi, siswa hanya mampu menulis berdasarkan peristiwa yang nyata. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf narasi sugestif siswa sebelum menggunakan media komik siswa kelas X SMAN 15 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf narasi sugestif siswa sesudah menggunakan media komik siswa kelas X SMAN 15 Padang. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan media komik terhadap keterampilan menulis paragraf narasi sugestif siswa kelas X SMAN 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Rancangan penelitian ini ialah One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 15 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 276 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X.8 yang berjumlah 31 orang. Variabel penelitian ini adalah penggunaan media komik sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis paragraf narasi sugestif sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor hasil tes unjuk kerja menulis paragraf narasi sugestif siswa kelas X SMAN 15 Padang sebelum dan sesudah penggunaan media komik. Hasil Penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis paragraf narasi sugestif siswa kelas X SMAN 15 Padang sebelum (pretest) menggunakan media komik, memperoleh nilai rata-rata 64,78 dengan kualifikasi Cukup (C) yang berada pada rentangan 56-65%. Kedua, keterampilan menulis paragraf narasi sugestis siswa kelas X SMAN 15 Padang sesudah (postest) menggunakan media komik memperoleh nilai rata-rata 76,34 dengan kualifikasi baik (B) yang berada pada rentangan 76-85%. Ketiga, penggunaan media komik terdapat pengaruh yang signifikan dari sebelum dan sesudah menggunakan media komik dalam pembelajaran menulis paragraf narasi sugestif dari hasil uji-t pada taraf 0,05 thitung 7,40> ttabel 1,70 dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak.