Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Nora, Mustika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/277/2/12080113%20NORA%20MUSTIKA%20ok%20Fliping.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/277/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/277/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/277/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/277/
Daftar Isi:
  • Hal yang melatarbelakangi penelitian ini antara lain. Pertama, Kurangnya pemahaman siswa tentang menulis teks laporan hasil observasi, karena siswa banyak menemukan kesulitan dalam membuat teks laporan hasil observasi. Kedua, tidak mencukupinya waktu untuk melakukan pengamatan secara langsung ke lapangan, hal tersebut membuat siswa tidak optimal dalam menulis teks laporan hasil observasi. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 309 siswa dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel pada penelitian ini kelas X PHT yang berjumlah 31 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja. Tes unjuk kerja ini digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan teknik Think Talk Write (TTW). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) memperoleh nilai rata-rata 58,06 pada rentangan 56–65% dengan kualifikasi Cukup. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan teknik Think Talk Write (TTW) siswa kelas X SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 75,98 pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan karena thitung > ttabel (7,47> 1,70). ii KATA PENGANTAR