Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca anak di kelas sebelas IPA di SMA 4 Pariman yang ditandai dengan nilai yang diperoleh siswa masih rendah. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan siswa seperti menerapkan GIST strategy dalam proses belajar mengajar dikelas sebelas IPA di SMA 4 Pariman. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari penggunaan strategy GIST terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian experimen-semu (quasi experimental research) dengan rancangan penelitian cluster random sampling dan jumlah populasi adalah 152 siswa. Pemilihan sampel ditentukan setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas, yang mana didapat dua kelas dengan jumlah 62 siswa. Instrumen yang dipakai adalah reading multiple choice dan teks yang digunakan adalah narrative text dan hortatory exposition text. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penggunaan strategi GIST memberikan dampak yang baik terhadap kemampuan membaca siswa dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan strategi konvensional. Nilai rata-rata yang diperoleh setelah menerapkan strategi GIST selama delapan kali pertemuan oleh kelas experimental adalah 73,3. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh oleh kelas kontrol adalah 66,2. Setelah dilakukan uji hipotesis, maka diperoleh t calculated > ttable = (2,93> 2,000) dengan αi=i0,05. Oleh karena itu dapat dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi GIST lebih baik dari hasil belajar