Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan manganalisa tipe komunikasi nonverbal serta bagaimana penggunaannya oleh guru bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar di SMA N 3 Solok Selatan. teori yang digunakan untuk penelitian ini yaitu teori Schmitz. Untuk kerangka analisa peneliti menggunakan kualitatif deskriptif dalam menjawab pertanyaan penelitian.Dalam mengumpulkan data instrumen yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi checklist dan video.Partisipan yang di ambil dalam penelitian ini adalah 3 orang guru bahasa Inggris di SMA 3 Solok Selatan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bawah guru bahasa Inggris sudah menggunakan tipe komunikasi nonverbaldan mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar, tapi tidak semua tipe komunikasi nonverbal dimiliki oleh guru bahsa Inggris tersebut. Guru bahasa Inggris di SMA N 3 Solok Selatan hanya menggunakan 4 tipe dari 5 tipe komunikasi nonverbal. Guru A hanya menggunakan 4 tipe komunikasi nonverbal yaitukinesics, vocalics, proxemics, chronemics.Guru B juga menggunakan 4 tipe dari 5 tipe komunikasi nonverbal yaitukinesics, vocalics, proxemics, chronemics.Sedangkan guru C juga menggunakan 4 tipe komunikasi nonverbal yaitu kinesics, vocalics, proxemics, dan chronemics.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tipe komunikasi nonverbaldigunakan oleh guru bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar.