Daftar Isi:
  • Partisipasi adalah salah satu bagian terpenting di dalam proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar, siswa dapat memberikan dua macam partisipasi, yaitu partisipasi aktif dan partisipasi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe partisipasi apa yang di temukan pada siswa kelas X dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bermaksud untuk menganalisa tentang partisipasi siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini ditujukan kepada siswa SMA N 1 Lembah Melintang, khususnya kelas X MIA1. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 38. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi ceklis, catatan lapangan dan merekam video. Yang pertama peneliti mengamati siswa melalui observasi di dalam kelas. Observasi ini berjumlah 8 butir pernyataan berdasarkan indikator tentang partisipasi siswa dalam proses belajar bahasa Inggris. Berdasarkan data yang didapatkan selama penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa yang merupakan tipe partisipasi yang ditemukan adalah pasif partisipasi. Peneliti juga menyimpulkan bahwa semua siswa melakukan kedua partisipasi tersebut dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Yang kedua, peneliti menggunakan catatan lapangan dan rekaman video untuk menguatkan data dari obervasi ceklis. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa partisipasi siswa yang ditemukan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di kelas X MIA1 SMA N 1 Lembah Melintang adalah partisipasi pasif. Berdasarkan penemuan tersebut, diharapkan kepada guru untuk lebih memberikan perhatian dan mengontrol siswa agar mengurangi partisipasi pasif dan lebih meningkatkan partisipasi aktif di dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.