Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengemukakan kelas Storytelling sebagai bagian dari kegiatan English Club di STKIP PGRI, yang mengutamakan adanya media yang harus digunakan dalam setiap penampilan Storytelling tersebut. Hasil pengamatan awal peneliti menemukan satu media yang selalu digunakan para storyteller atau pencerita: hand puppet atau boneka tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat persepsi para siswa yang terlibat dalam kelas storytelling, terhadap media yang mereka gunakan untuk penampilan storytelling. Dalam hal ini, hanya ada satu media tunggal yaitu hand puppet. Data penelitian ini didapatkan dari wawancara terhadap 22 orang siswa yang terlibat dalam storytelling. Kemudian angket yang dijawab oleh 22 orang siswa tersebut difokuskan pada analisis jawaban wawancara dan pilihan angket terhadap persepsi siswa. Berdasarkan analisis data wawancara dan angket tersebut, peneliti menemukan bahwa siswa memiliki persepsi yang sangat baik terhadap penggunaan hand puppet. Mereka selalu berpersepsi bahwa hand puppet adalah media yang paling baik untuk penampilan storytelling. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data yang menunjukan siswa sudah menyenangi hand puppet saat pertama kali mereka melihat penampilan orang lain, kemudian mereka tertarik untuk mencoba, setelah mencoba mereka berpersepsi bahwa memang hanya hand puppet saja yang paling menarik, nyaman, dan sangat membantu penampilan mereka. Dengan demikian, penulis berasumsi bahwa persepsi siswa terhadap hand puppet sebagai media dalam storytelling adalah positif.