Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang tidak memiliki tanggung jawab dalam belajar, peserta didik yang kurang memiliki motivasi dalam belajar, dan adanya peserta didik yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tua . Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: Hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas VII di MTsN 3 Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif korelasi. Populasi penelitian adalah 89 peserta didik yang dipilih dengan teknik Total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik interval. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar peserta didik Kelas VII Di MTsN 3 Kabupaten Pasaman Barat dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Adanya hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar peserta didik dengan arah hubungan yang positif, koefisien korelasi kuat. Penelitian ini direkomendasikan kepada orang tua supaya orang tua mampu menyesuaikan pola asuhnya sesuai dengan diri peserta didik dan sesuai situasi dan kondisi karena dalam hal ini pola asuh yang baik berhubungan dengan motivasi belajar peserta didik.