Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Talamau
Main Author: | Listia, Ariska |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/269/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/269/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/269/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/269/4/14110052%20LISTIA%20ARISKA%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/269/ |
Daftar Isi:
- Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran fisika di sekolah belum optimal. Pembelajaran konvensional seperti metode ceramah dan diskusi lebih membuat siswa menjadi cepat bosan sehingga menyebabkan hasil belajar fisika rendah. Pada proses pembelajaran diperlukan inovasi baru yang mendukung siswa untuk aktif, salah satunya yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih baik dari pada hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan desain penelitian posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas sampel yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol XI IPA 3 SMAN 1 Talamau. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pada ranah kognitif berupa tes akhir dan ranah afektif berupa lembar observasi. Hasil belajar yang dilihat yaitu pada ranah afektif dan ranah kognitif. Pada ranah afektif berupa aktivitas siswa yang dilihat selama proses pembelajaran berlangsung. Pada kelas eksperimen diperoleh persentase aktivitas siswa yaitu 82 sedangkan kelas kontrol yaitu 78. Pada ranah kognitif dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t didapat thitung = 5,44 dan ttabel = 1,67, dimana jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih baik dari pada hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi Keseimbangan Benda Tegar dan Dinamika Rotasi kelas XI IPA SMAN 1 Talamau.