Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Media Pembelajaran dan Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran EKONOMI di SMA Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Tari, Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2686/4/12090089%20-%20TARI%20WULANDARI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2686/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2686/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2686/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2686/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Pengaruh Gaya Mengajar Guru secara parsial terhadap Motivasi Belajar, 2) Pengaruh Media Pembelajaran secara parsial terhadap Motivasi Belajar, 3) Pengaruh Disiplin Belajar secara parsial terhadap Motivasi Belajar, 4) Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Media Pembelajaran dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar di Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPS sebanyak 98 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup untuk mengetahui pengaruh Gaya Mengajar Guru, Media Pembelajaran dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar dengan digunakan uji t dan uji F. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar dengan koefisien sebesar 0,402, nilai thitung 6.489 > ttabel sebesar 1.985; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar dengan koefisien 0,326, nilai thitung 6.445 > ttabel sebesar 1.985 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar dengan koefisien 0,280, thitung 6.532 > ttabel sebesar 1.985; (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara Gaya Mengajar Guru, Media Pembelajaran dan Disiplin Belajar dengan F hitung 82.845> Ftabel 3.09. Besarnya Gaya Mengajar Guru, Media Pembelajaran dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar yaitu 72.6% dan sisanya 27.4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Disarankan kepada guru mata pelajaran ekonomi untuk lebih meningkatakan gaya mengajar lebih kepada pendekatan personal terutama pada siswa yang memiliki perhatian yang kurang pada saat mengikuti pelajaran dan untuk melakukan razia pada siswa yang berada diluar pada saat pelajaran berlangsung dan memberikan sanksi yang tegas dan memanggil orang tua kesekolah sehingga hal tersebut bisa membuat disiplin siswa semakin meningkat.