Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Mustika, Handayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2680/4/12050172%20-%20MUSTIKA%20HANDAYANI%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2680/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2680/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2680/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2680/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dan selama proses pembelajaran yang berlangsung di kelas masih didominasi oleh guru sehingga interaksi antara siswa dengan siswa masih kurang dikarenakan siswa tidak mau saling berbagi informasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMANegeri1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 kecuali kelas XI IPA 1 yang merupakan kelas unggul. Kelas sampel yaitu kelas XIIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XIIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk esai dengan teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan a= 0,05 dan hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 1,86 artinya lebih besar dari ttabel = 1,66 maka hipotesis penelitian diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMA Negeri1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat.