Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran fisika sehingga berakibat kepada hasil belajar peserta didik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning disertai Movie Maker Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 16 Padang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning disertai Movie Maker Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fisika Kelas X MIA SMAN 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Data hasil belajar Fisika dilihat dalam 3 ranah, yaitu ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal uraian sebanyak 5 butir soal, pada ranah afektif menggunakan lembar observasi dan pada ranah psikomotor menggunakan rubrik penskoran. Hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen 52,7 dan kelas kontrol 41,1. Selanjutnya dengan analisis uji t, thitung= 2,60 lebih besar dari t(1- = 1,99 dan – t(1- - 1,99 (pada taraf nyata 0,05), dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen 92 dan kelas kontrol 82,4. Sedangkan pada ranah psikomotor, hasil rata-rata peserta didik di kelas eksperimen 91,6 dan di kelas kontrol 89,5. Jadi penggunaan movie maker dalam pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas X MIA SMAN 16 Padang.