Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question (LSQ) Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam
Main Author: | Sepridawati, Sepridawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2679/3/12050181%20SEPRIDAWATI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2679/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2679/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2679/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2679/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa tidak terbiasa bertanya dan rendahnya pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pemahaman konsep matematis siswa dan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe LSQ disertai kuis lebih baik daripada pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPS SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Tanjung mutiara kecuali kelas unggul, kelas XI IPS 1. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara lotting, kelas XI IPS 3 sebagai kelas control dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes akhir. Bentuk tes untuk kuis dan tes akhir adalah essai. Teknik analisis data untuk kuis dengan menghitung nilai rata-rata sedangkan tes akhir menggunakan uji-t satu pihak. Hasil analisis kuis diperoleh pemahaman konsep matematis siswa mengalami peningkatan setiap pertemuan. Hasil analisi data tes akhir menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,53 dan ttabel = 1,669 pada α=0,05, berarti thitung > ttabel . Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe LSQ disertai kuis lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas XI IPS SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam.