Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Diiringi Strategi Bowling Kampus Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Lisnovianti, Lisnovianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2677/4/12050187%20LISNOVIANTI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2677/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2677/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2677/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2677/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa tidak mau berbagi pengetahuan dengan teman dan kurang aktif dalam pembelajaran serta pemahaman konsep matematis siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) diiringi strategi Bowling Kampus lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran Konvensional di SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan meloting terpilih kelas XI IPS3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dengan indikator pemahaman konsep matematis.Bentuk tes yang digunakan adalah essai dengan reliabilitas tes r11 = 0,85 dan rtabel= 0,423, maka soal tes dinyatakan reliabel karena r11 > rtabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 6,15 dan ttabel = t(0,95;66) = 1,67, maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share diiringi strategi Bowling Kampus lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2016/2017.