Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pasaman

Main Author: Nelsi, Oktarina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2675/4/11050182%20NELSI%20OKTARINA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2675/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2675/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2675/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2675/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih ada yang di bawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan Pembelajaran kelompok belum maksimal. Penelitian ini bertujuan apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Aktif Tipe Group To Group lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 1 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian Random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasaman 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah soal esai. Analisis data bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan, apakah diterima atau ditolak. Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi terhadap kelas sampel. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rata-rata hasil tes akhir belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 77,03 sedangkan rata-rata hasil tes akhir pada kelas kontrol 62,84. Setelah dilakukan tes akhir diperoleh kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,18 dan ttabel = 1,67 pada α = 0,05. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi Aktif Tipe Group To Group lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII.3 SMPN 1 Pasaman.