Penerapan Strategi Active Learning Tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) disertai Speedtest terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Dela Tiyani, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2672/4/12050214%20-%20DELA%20TIYANI%20PUTRI%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2672/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2672/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2672/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2672/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah, dan siswa malu bertanya materi yang kurang dipahami pada guru, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi Active Learning Tipe Everyone is A Teacher Here (ETH) disertai Speedtest lebih baik daripada pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMA N 1 Koto Baru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Koto baru Tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu lotting, dengan kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian aktivitas dan tes akhir berbentuk esai dimana tes akhir yang reliable dengan r11= 0,95. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis aktivitas diketahui bahwa aktivitas belajar siswa pada indikator listening activities mengalami peningkatan dan mengalami penurunan pada indikator visual activities pada setiap pertemuan, dan berdasarkan analisis tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1,80 lebih besar dari ttabel = 1,67. Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu hasil belajar matematika siswa dengan penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here disertai Speedtest pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional.