Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate-Share-Listen-Create Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Gurun Panjang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Rika, Afriningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2671/4/12050059%20RIKA%20AFRININGSIH%20%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2671/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2671/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2671/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2671/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa rendah dan siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Gurun Panjang dan untuk mengetahui bagamaina aktivitas siswa selama pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Gurun Panjang Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel diambil secara acak, siswa kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Intsrumen penelitian adalah tes akhir berbentuk essay yang reliabel dengan r_11=0,78.Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data nilai siswa diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung=2,36 lebih besar dari t_tabel= 1,68 artinya t_hitung>t_tabel tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Gurun Panjang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Formulate-Share-Listen-Create lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Gurun Panjang. Selanjutnya, analisis aktivitas siswa pada setiap pertemuan dilakukan dengan mengolah data lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat pada setiap pertemuan.