Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang
Main Author: | Rani Ayu, Setianingsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2670/4/12050188%20%20Rani%20Ayu%20Setianingsih.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2670/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2670/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2670/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2670/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan semangat kompetisi tim saat pembelajaran kelompok masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 6 dan kelas kontrol adalah kelas XI IPA 4. Instrumen yang digunakan tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 81,69 dengan simpangan baku 14,07 sedangkan rata-rata kelas kontrol 72,84 dengan simpangan baku 16,30. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak dengan t_(hitung )= 2,33 dan t_tabel = 1,67, karena thitung> t_tabel maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament lebih baik daripada hasil belajar matematika dengan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPA SMA Negeri 12 Padang.