Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Memberikan Pertanyaan dan Mendapatkan Jawaban Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pariaman
Main Author: | Abdul, Alip |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2669/4/ABDUL%20ALIP%2811050068%29%20Skripsi.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2669/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2669/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2669/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2669/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa tidak mau bertanya dan mengeluarkan pendapat tentang materi yang sudah dipelajari dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Pariaman dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe memberikan pertanyaan dan mendapatkan jawaban lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Pariama. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instumen penelitian adalah tes pemahaman konsep matematika. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan reliabilitas tes 0,951 . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai ttabel = 1,67 dan thitung = 2,08 Hipotesis diterima karena thitung > ttabel ehingga hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata a = 0,05 Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Memberikan Pertanyaan dan Mendapatkan Jawaban lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Pariaman.