Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu siswa kurang memahami materi sistem perrnapasan pada manusia, kurangnya bahan ajar yaitu buku paket IPA yang dimiliki siswa, kurangnya variasi guru dalam menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran biologi dan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem pernapasan pada manusia masih rendah di bawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 76. Salah satu upaya yang dilakukan guru agar menumbuhkan minat siswa dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray disertai LDS terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas VIII SMPN 18 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray disertai LDS berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP N 18 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 18 Padang yang terdaftar pada tahun 2016/2017. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda dan lembar penilaian penilaian ranah afektif dan psikomotor. Berdasarkan hasil belajar siswa pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 88,89 dan kelas kontrol 89,07. Penilaian ranah kognitif rata-rata kelas eksperimen 71,78 dan kelas kontrol 65,69. Penilaian ranah psikomotor rata-rata kelas eksperimen 90,00 dan kelas kontrol 90,44. Dari hasil analisis data uji hipotesis dengan menggunakan uji-t penilaian ranah kognitif diperoleh thitung =1,99 dan harga ttabel =1,67. Dengan demikian ttabel ˂ thitung, yang berarti hipotesis penelitian diterima pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray disertai LDS berpengaruh positif terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP N 18 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017.