Daftar Isi:
  • Hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa karena siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya interaksi siswa dengan guru. Guru jarang menggunakan media dan metode pembelajaran masih kurang bervariasi. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Think-Pair Share (TPS) desertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Think-Pair-Share disertai media gambar dalam proses pembelajaran biologi pada siswa kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Randomized Postest Only Design, populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Teknik penarikan sampel dengan teknik purposive sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dengan cara undian, kelas pertama yang terambil sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas yang kedua sebagai kelas kontrol, maka diperoleh kelas eksperimen yaitu kelas VIII2 dan kelas kontrol yaitu kelas VIII5. Instrumen yang digunakan yaitu tes tertulis dengan bentuk soal objektif. Sedangkan hasil belajar ranah afektif dan psikomotor yang diamati dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data digunakan dengan uji -t. Berdasarkan hasil analisis data penilaian kognitif diperoleh nilai rata-rata nilai tes akhir siswa kelas eksperimen adalah 66,81 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 58,02. Hasil analisis uji-t, diperoleh thitung (2,93) > ttabel (1,68) yang berarti H1 diterima. Nilai rata-rata capaian optimun pada ranah psikomotor untuk kelas eksperimen yaitu 3,39 dengan predikat B+ dan kelas kontrol 3,21 dengan predikat B. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Pair Share disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang pada materi Sistem Pencernaan.