Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Cheks disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MIA SMAN 3 Padang

Main Author: Fitria, Riani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2663/4/12050168%20-%20FITRIA%20RIANI%20%28Skripsi%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2663/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2663/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2663/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2663/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dan siswa masih kurang bekerjasama dan kurang mampu berbagi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah gambaran pemahaman konsep matematis siswa dan mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Cheks disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI MIA SMAN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 3 Padang Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Kelas sampel yang terpilih adalah kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah kuis dan tes akhir, dengan reliabilitas tes akhir = 0,87. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung rata-rata kuis tiap pertemuan dan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis kuis, diperoleh rata-rata kuis I sampai IV yaitu 84,44, 82,76, 79,31 dan 88,89. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada taraf kepercayaan α=0,05 diperoleh thitung = 1,851 dan ttabel =1,6795, maka hipotesis penelitian diterima. Dapat disimpulkan bahwa perkembangan pemahaman konsep matematis siswa mengalami penurunan dari pertemuan I sampai III dan mengalami peningkatan pada pertemuan IV dan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Pair Cheks lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI MIA SMAN 3 Padang.