Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran operatif Metode IOC (Inside-Outside Circle) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Batang Anai
Main Author: | Nola, Septika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2662/4/12050160%20-%20NOLA%20SEPTIKA%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2662/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2662/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2662/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2662/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai masih rendah dan masih kurangnya sikap keterbukaan untuk saling memberi dan menerima pendapat atau gagasan antara sesama siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe IOC (Inside- Outside Circle) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Batang Anai. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Anai. Teknik pengambilan sampel dilaksanakan secara acak, kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dengan indikator kemampuan pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah soal essay dengan reliabilitas adalah: r11 = 0,860 dan rtabel = 0,388. Berarti soal tes dinyatakan reliabel karena r11 > rtabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,104 dan ttabel = 1,67 Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa menerapkan pembelajaran kooperatif tipe IOC (Inside-Outside Circle) lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 Batang Anai.