Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 2 Padang
Main Author: | Firmadani, Firmadani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2660/4/12050156%20-%20FIRMADANI%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2660/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2660/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2660/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2660/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan siswa yang mengemukakan pendapat hanya siswa yang sama sehingga peran serta siswa di kelas tidak merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pemahaman konsep matematis siswa selama menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token di kelas XI IPS SMA PGRI 2 Padang dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA PGRI 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA PGRI 2 Padang Tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes akhir. Teknik analisis data kuis menggunakan rata-rata dan analisis tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis kuis dapat disimpulkan gambaran pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token mengalami peningkatan pada pertemuan I sampai pertemuan III dan terjadi penurunan pada pertemuan IV, dengan rata-rata kuis I x = 78,52, kuis II x = 84,85 , kuis III x = 88,35 dan kuis IV x = 81,36. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada taraf kepercayaan a = 0,05 diperoleh th = 2,96 maka hipotesis penelitian diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA PGRI 2 Padang.