Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan pembelajaran diterapkan guru melaksaanakan pembelajaran dengan ceramah dan belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi. Selama proses pembelajaran guru sudah berusaha memotivasi siswa untuk mengeluarkan ide-ide atau pendapat mereka dan pada saat guru memberi suatu permasalahan terkadang guru harus menyelesaikan sendiri permasalahan tersebut. Ketika guru bertanya pada siswa tentang materi yang telah diajarkan siswa cenderung diam. Penerapan model pembelajaran yang belum sesuai dengan materi dapat menimbulkan kebosanan karena mereka selalu diposisikan sebagai kelompok yang hanya menerima informasi dari guru. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) disertai LDS terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 4 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Randomized Control-group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Penentuan kelas sampel dengan cara pengundian, kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu tes tertulis, sedangkan ranah afektif dan psikomotor digunakan rubrik penilaian afektif dan psikomotor. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian yaitu hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 2,75 (B-) dan kelas control adalah 2,44 (C+). Hasil analisis uji-t diperoleh thitung (1,82) > ttabel (1,68) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Ranah afektif diperoleh nilai modus kelas eksperimen yaitu 3,26 (B) dan kelas kontrol yaitu 3,09 (B). Sedangkan ranah psikomotor diperoleh nilai capaian optimum kelas eksperimen yaitu 3,53 (A-) dan kelas kontrol yaitu 3,58 (A-). Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) disertai LDS dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 4 Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan pada ranah kognitif dalam materi gerak pada tumbuhan tahun pelajaran 2016/2017.