Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Send A Problem (Mengirim Masalah) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XII IPA SMAN 1 Lembah Melintang Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Author: Rahmi, Rahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2657/2/12050143%20-%20RAHMI%20%28Skripsi%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2657/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2657/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2657/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2657/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas XII IPA SMAN 1 Lembah Melintang masih rendah dan siswa yang pintar kurang mau berbagi informasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Model Pembalajaran kooperatif tipe Send A Problem (mengirim masalah) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional dikelas XII IPA SMAN 1 Lembah Melintang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah dua kelas dari siswa kelas XII IPA SMAN 1 Lembah Melintang TP 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilaksanakan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XII IPA.3 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas XII IPA.2. Instrumen penelitian adalah tes akhir dengan indikator pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essay dengan reliabilitas tes r11 = 0,809 Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data, diperoleh kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Uji hipotesis yang dilakukan dengan uji t satu pihak, diperoleh thitung =1,82 dan ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata α = 0,05 dan terima H1 , sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Send A Problem (mengirim malasah) lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional siswa kelas XII IPA SMAN 1 Lembah Melintang.