Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Padang
Main Author: | Hanifatuz, Zahara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2656/4/12050133%20-%20HANIFATUZ%20ZAHARA%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2656/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2656/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2656/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2656/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswa yang menyalin jawaban teman yang lebih pintar tanpa mau bertanya proses penyelesaiannya dan hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas XI IPS SMAN 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 6 Padang Tahun Pelajaran 2016/ 2017 yang terdiri dari empat kelas dengan teknik pengambilan sampel secara acak, terpilih kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes yang diberikan berbentuk esai yang berjumlah 5 soal dengan reliabilitas 0.896. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 78,78 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 70,45. Dari hasil uji statistik t diperoleh thitung=2,698 dan ttabel=1,674, sehingga thitung > ttabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada kelas XI IPS SMAN 6 Padang.