Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang
Main Author: | Gusti, Nofri Yenta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2651/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2651/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2651/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2651/4/12010232%20GUSTI%20NOFRI%20YENTA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2651/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, pembagian kelompok berdasarkan tempat duduk, ketersediaan media pembelajaran terbatas sehingga kurangnya partisipasi dan interaksi siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media gambar sistem pernapasan pada manusia terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 7 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan randomized control group posstest only design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan VIII1 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu tes akhir hasil belajar siswa dalam bentuk tes objektif sebanyak 28 butir soal, dan instrumen yang digunakan untuk melihat ranah afektif dan psikomotor siswa dalam belajar adalah dengan menggunakan rubrik penilaian observasi siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis pada ranah kognitif yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen 84.14 predikat (B) dan kelas kontrol yaitu 79.65 predikat (B). Uji hipotesis diperoleh thitung 1.98 dan ttabel 1.67 dimana thitung > ttabel yang berarti hipotesis diterima. Ranah afektif dari nilai rata-rata perindikator kelas eksperimen yaitu 80.64 dengan predikat (B), dan kelas kontrol nilai rata-ratanya 79.17 predikat (B). Nilai ranah psikomotor dari rata-rata capaian optimum siswa kelas eksperimen yaitu 91.91 dengan predikat (A) dan kelas kontrol yaitu 90.81 predikat (A). Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif siswa biologi kelas VIII SMPN 7 Padang.