Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Masalah pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sijunjung
Main Author: | Fitri Permata, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2649/4/12050130%20-%20FITRI%20PERMATA%20SARI%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2649/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2649/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2649/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2649/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang ada di SMPN 1 Sijunjung belum dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan hasil belajar yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Tahap define terdiri dari analisis silabus, analisis buku teks, analisis literatur, analisis karakterisitik siswa, wawancara guru dan siswa. Tahap design yaitu perancangan LKS. Tahap development dilakukan uji validitas oleh validator yang terdiri dari 1 orang dosen dan 2 orang guru. Uji praktikalitas oleh 1 orang guru dan 6 orang siswa kelas VIII SMP. Dan uji efektivitas pada satu kelas dengan 19 orang siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan meliputi, lembar validasi, angket praktikalitas, dan pedoman wawancara dengan guru dan siswa. Data yang diperoleh melalui berbagai instrumen dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil validitas LKS berbasis masalah pada kriteria valid dengan persentase 78,6%. Uji praktikalitas oleh guru pada kriteria praktis dengan persentase 76,3% dan uji praktikalitas oleh siswa pada kriteria praktis dengan persentase 79,3%. LKS berbasis masalah efektif digunakan dalam pembelajaran dengan presentase ketuntasan 78,9%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis masalah pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar sudah valid, praktis dan efektif di SMPN 1 Sijunjung.