Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With A Question Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 39 Padang

Main Author: Lona, Syafri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2647/1/12050129%20Lona%20Syafri%20%28skripsi%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2647/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2647/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2647/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2647/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa banyak yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan siswa yang kurang berani dalam mengungkapkan pertanyaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Metode Belajar Aktif tipe Learning Starts With A Question lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 39 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas VIII_2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII_3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu tes akhir berbentuk esai yang reliabel dengan r_11 = 0,865. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung=3,552 lebih dari t_tabel=1,671. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu Hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 39 Padang.