Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP N 1 Bayang. Dalam proses pembelajaran siswa cendrung pasif, kurangnya variasi model dalam pembelajaran dan jarangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, siswa masih beranggapan pembelajaran biologi sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP N 1 Bayang kabupaten pesisir selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bayang pada tahun 2016/2017. Kelas eksperimen VIII 2 dan kelas kontrol VIII 3 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penilaian sikap berupa lembar penilaian diri dan antar teman sikap siswa selama proses pembelajaran. Penilaian pengetahuan menggunakan soal yang diberikan melalui tes tertulis diakhir penelitian dengan bentuk objektif sebanyak 54 butir soal. Penilaian keterampilan dilihat dari hasil laporan siswa. Analisis data hasil tes kelas sampel digunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata hasil penilaian sikap (penilaian diri) kelas eksperimen 76,81 dan kelas kontrol 70,83 uji hipotesis ditolak. Penilaian sikap (antar teman) kelas eksperimen 75,67 dan kelas kontrol 69,48 uji hipotesis ditolak. Penilaian pengetahuan kelas eksperimen 79,15 dan kelas kontro 68,95 uji hipotesis diterima. Penilaian keterampilan kelas eksperimen 92,03 dan kelas kontrol 71,21 uji hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP N 1 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada penilaian pengetahuan dan keterampilan dan tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada penilaian sikap.