Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X IPA SMAN I Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Nofrita Putri, Lidya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2640/4/12050104%20-%20NOFRITA%20PUTRI%20LIDYA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2640/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2640/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2640/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2640/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematika siswa yang masih rendah. Hal ini diakibatkan oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan teknik yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa pasif dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pemahaman konsep matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik dari pada pemahaman konsep matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X IPA SMAN 1 Lengayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilaksanakan secara acak, terpilih kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dengan indikator kemampuan pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah soal essay dengan reliabilitas adalah r11 = 0,9. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan analisis data, terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat. Setelah dilakukan tes essay diperoleh kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Analisis data dilakukan dengan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1,97 dan ttabel = 1,67. Karena berarti H0 ditolak pada taraf nyata α = 0,05 dan terima , sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match lebih baik dari pada pemahaman konsep matematika siswa menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas X IPA SMAN 1 Lengayang, dengan tingkat kepercayaan 95%.