Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya interaksi antara siswa dengan guru dalam proses pembelajaran, terutama pada materi jaringan tumbuhan, siswa menganggap materi tersebut sulit dipahami, sehingga hal ini berdampak terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 01 Mukomuko pada materi jaringan tumbuhan yang tidak mencapai KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA N 01 Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas eksperimen adalah kelas XI IPA3 dan kelas kontrol adalah kelas IX IPA1. Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu tes tertulis, sedangkan ranah afektif dan psikomotor digunakan penilaian sikap dan keterampilan. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian pada ranah kognitif diperoleh skor tes hasil belajar biologi siswa yaitu nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 71,33 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 79,43. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung (-5,15) < ttabel (1,7) yang berarti H0 ditolak. Pada ranah afektif diperoleh nilai sikap siswa pada kelas eksperimen dengan predikat B (3,45) dan kelas kontrol dengan predikat B (3,40), ranah psikomotor diperoleh nilai keterampilan pada kelas eksperimen dengan predikat A- (3,79) dan kelas kontrol dengan predikat A- (3,76). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) disertai media gambar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA N 01 Mukomuko pada materi Jaringan Tumbuhan.