Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horey terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Silvina, Hardian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2635/4/12050090%20-%20SILVINA%20HARDIAN%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2635/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2635/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2635/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2635/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa masih rendah, pembelajaran matematika kurang menyenangkan bagi siswa dan siswa jarang dikondisikan belajar berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitas tes r11= 0,92. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil dari uji hipotesis pada a = 0,05 diperoleh thitung = 1,87 dan ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel maka hipotesis dalam penelitian ini diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horey lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan