Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai College Ball Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri I Lembah Gumanti
Main Author: | Nurhayati, Nurhayati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2634/4/12050070%20-%20NURHAYATI%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2634/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2634/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2634/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2634/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang terlatih mengembangkan kemampuan berfikir dalam memecahkan masalah, siswa mudah lupa dengan materi yang disampaikan, serta pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah disertai college ball lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMAN I Lembah Gumanti. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN I Lembah Gumanti tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA I sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes akhir dengan indikator pemahaman konsep yaitu kemampuan menyatakan ulang sebuah konsep dan kemampuan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Bentuk tes yang digunakan adalah soal esai. Hasil analisis butir soal diperoleh soal tes reliabel dengan reliabelitas tes adalah r11 = 0,88 Berdasarkan analisis data nilai siswa diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Pengujian dalam hipotesis ini mengunakan uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 4,47 dan ttabel = 1,67 . karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata a = 0,05 maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah disertai college ball di kelas XI IPA SMAN I Lembah Gumanti lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.