Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung Disertai Strategi Pembelajaran Aktif Tipe College Ball Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 15 Padang

Main Author: Novia, Elvira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2633/4/12050066%20-%20NOVIA%20ELVIRA%20%28Skripsi%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2633/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2633/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2633/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2633/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran serta kurangnya keinginan siswa dalam mengerjakan latihan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung Disertai Pembelajaran Aktif Tipe College Ball lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di Kelas XI IPA SMAN 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 15 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPA 3 dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah XI IPA 2. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir dengan indikator pemahaman konsep dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,92 pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan variansi homogen pada taraf nyata a = 0,05 . Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 2,3 dan ttabel =1,68 artinya thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung Disertai Pembelajaran Aktif Tipe College Ball lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPA SMAN 15 Padang.