Pengaruh Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Sijunjung
Main Author: | Murniati, Murniati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2628/4/11050161%20-%20MURNIATI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2628/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2628/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2628/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2628/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa belum mencapai standar yang telah ditetapkan dan siswa tidak berani bertanya serta memberikan pendapat dan ide-idee dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 5 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen, dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sijunjung 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah soal esai dengan reliabilitas adalah r11= 0,86, dan rtabel=0,349 berarti soal dinyatakan reliabel karena r11 > rtabel . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai ttabel = 1,69 dan thitung = 1,75. Hipotesis diterima karena thitung > ttabel , sehingga hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata a= 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 5 Sijunjung.